Begini Cara Menciptakan Kantor yang Ramah Lingkungan

Cara Menciptakan Kantor yang Ramah Lingkungan

Kini banyak gedung-gedung perkantoran bermunculan, baik yang bertingkat pendek maupun tinggi. Akan tetapi, mayoritas gedung perkantoran itu tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan dalam pembuatannya. Hingga akhirnya banyak terjadi kerusakan lingkungan di area sekitar, seperti tanah yang mudah ambles, bahkan bisa memicu terjadinya global warming.

Untuk menghindari peristiwa tersebut, desain kantor yang dibuat harus menggunakan konsep go green atau ramah lingkungan. Hal itu tidak hanya berpengaruh terhadap keasrian lingkungan sekitar, tetapi juga terhadap kenyamanan dan kinerja para karyawan.

5 Cara Ciptakan Desain Kantor yang Ramah Lingkungan

Salah satu material yang cocok untuk pembuatan kantor yang ramah lingkungan adalah kaca tempered. Kaca ini banyak digunakan sebab tahan terhadap sinar matahari dan memiliki material yang sangat kuat, jadi tidak mudah rusak walau dihantam benda sekeras apapun. Nah, apabila kamu ingin mencari inspirasi untuk membuat kantor ramah terhadap lingkungan, simak yuk uraian di bawah ini!

Cara Menciptakan Kantor yang Ramah Lingkungan

1. Memaksimalkan konsep go green

Hal pertama yang wajib kita lakukan adalah memiliki tanggung jawab tinggi terhadap kebersihan lingkungan. Untuk apa kita menerapkan konsep go green, tapi kita sendiri lalai dalam menjaga kebersihan lingkungan, hingga akhirnya lingkungan kerja menjadi kotor. Maka dari itu, tetaplah perhatikan kebersihan terhadap lingkungan, supaya konsep go green yang diterapkan tidak menjadi sia-sia.

2. Memberikan warna yang sejuk

Kegiatan kantor yang sangat beragam, tentunya membuat para karyawannya terus memutar otak saat bekerja, sehingga membuat mereka menjadi suntuk. Apalagi jika interior kantor yang sangat monoton, misalnya dengan memberi warna putih pada seluruh dindingnya. Hal itu tentunya tidak akan menimbulkan energi positif, jadi karyawan tidak bisa mengembangkan ide-ide mereka. Maka dari itu, berilah warna-warna yang sejuk pada interior kantor. Misalnya dengan memberi warna hijau, karena warna hijau identik dengan kesan ramah lingkungan. Agar menambah kenyamanan, pasanglah vas bunga di setiap meja atau di atas rak di dalam ruangan.

3. Membuat konsep terbuka

Konsep ideal pada desain kantor yang sangat ramah lingkungan seharusnya memiliki keterbukaan tanpa adanya sekat-sekat di dalam ruangan. Namun, bila ingin diberi sekat lebih baik memakai pembatas yang transparan, supaya karyawan tetap bisa melihat seluruh ruangan. Hal itu bertujuan untuk mempererat hubungan antar karyawan.

4. Pemilihan furniture yang nyaman dan fresh

Furnitur berbahan kayu kini yang paling banyak digunakan pada perkantoran. Selain menarik dan menambah kesan modern, furnitur kayu sangat cocok untuk tempat yang menerapkan konsep ramah lingkungan. Dengan memasang furnitur kayu dan memberikan warna yang dominan hijau akan menambah kesan fresh di ruangan kantor. Supaya karyawan semakin giat bekerja, pilihlah meja dan kursi dengan desain yang membuat mereka nyaman. Dan yang harus kamu ingat, jangan lupa untuk memasang ventilasi udara, agar udara tetap bebas ke luar masuk ruangan, sehingga tidak menyebabkan sesak nafas pada karyawan.

5. Menyesuaikan pemasangan jendela dan lampu

Kalian perlu tahu bahwa untuk menciptakan kantor yang ramah lingkungan, penempatan jendela dan lampu juga harus disesuaikan. Tempatkan beberapa lampu sesuai dengan luas ruangan, supaya para karyawan tetap merasa nyaman walaupun berjam-jam di depan layar monitor. Desain kantor yang ramah lingkungan membutuhkan pencahayaan yang baik. Maka dari itu, pilihlah banyak lampu yang bervariasi. Untuk memasang jendela, pasangkan jendela di ruangan yang dapat ditutup maupun dibuka. Agar lebih ramah lingkungan, jenis kaca yang digunakan pada jendela adalah kaca tempered.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *