Tidak Perlu Ragu! Ini 4 Hal yang Buktikan Partisi Gypsum Aman

Hal yang Buktikan Partisi Gypsum Aman

Saat membangun rumah, pasti akan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. misalnya saja dalam pembagian ruangan. Dalam suatu rumah, biasanya terdapat beberapa ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan sebagainya. Tentu semua ruangan itu tidak menjadi satu, bukan? Pastilah kita akan memberikan sekat atau pembatas yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya. Biasanya kita sebut itu partisi.

Partisi sendiri ada banyak macamnya, mulai dari yang semi-permanen sampai permanen. Salah satu contoh partisi semi-permanen adalah partisi gypsum. Jenis partisi ini cukup sering digunakan baik di rumah-rumah maupun bangunan perkantoran. Namun sebagian orang masih meragukan keamanan papan bermaterian gypsum ini, kenapa? Simak terus pembahasannya, ya.

Alasan Orang Ragu Menggunakan Papan Gypsum

Alih-alih menggunakan partisi gypsum, sebagian orang masih lebih memilih menggunakan dinding yang materialnya batu bata sebagai pembatas ruangan. Hal ini dikarenakan material batu bata dianggap lebih kuat dan kokoh. Papan gypsum, seperti yang kita tahu masih memiliki banyak celah yang dianggap tidak aman digunakan sebagai interior bangunan.

Papan Gypsum punya kelemahan dimana ia tidak cocok dipasang di ruangan yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Padahal sebenarnya papan gypsum juga sudah tersedia yang tahan air. Selain itu, jenis partisi ini rentan terhadap benturan, karena memang sifatnya yang semi-permanen. Sifatnya yang tidak kedap suara juga dianggap kurang cocok diaplikasikan untuk bangunan yang membutuhkan sedikit privasi dan ketenangan.

Partisi Gypsum Aman! Ini 4 Hal yang Dapat Membuktikannya

Hal yang Buktikan Partisi Gypsum Aman

Terlepas dari berbagai keraguan masyarakat terhadap penggunaan partisi gypsum, sebenarnya jenis partisi ini aman digunakan. Tidak percaya? Inilah 4 hal yang dapat membuktikannya.

1. Tersedia Beberapa Jenis Gypsum Sesuai Kebutuhan

Sesuai dengan fungsinya, papan gypsum terdiri dari 4 jenis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya yaitu:

  • Gypsum Reguler, biasa digunakan sebagai material pelapis
  • Gypsum Peredam Suara, cocok digunakan di ruangan kedap suara, seperti ruang musik atau ruang menonton
  • Gypsum Water-Resistant, penggunaannya untuk ruang dengan kelembapan yang tinggi, seperti kamar mandi
  • Gypsum Fire-rated, proteksi dan ketahanan apinya sangat kuat sehingga bisa diterapkan sebagai partisi ruangan dan dinding eksterior

Kamu bisa menyesuaikan keempat jenis papan gypsum diatas sesuai dengan kebutuhan, ya. Jadi gimana sekarang? Masih ragu?

2. Ramah Lingkungan

Penggunaan papan gypsum dalam ruang ber-AC akan membuat ruangan jadi lebih cepat dingin. Ini karena gypsum dilengkapi material yang cenderung memantulkan kembali energi panas. Selain itu, jika sudah tidak terpakaipun gypsum bisa diolah kembali. Tidak perlu khawatir akan mencemari lingkungan karena material ini aman dan ramah terhadap lingkungan. Sangat cocok untuk bangunan dengan konsep green property.

3. Bahan Materialnya Tahan Api

Pada dasarnya, gypsum sendiri memiliki ketahanan yang kuat terhadap api. Hanya saja proteksi apinya tidak sekuat Gypsum Fire-rated. Namun cukup untuk mencegah perembetan api jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran. Saat terkena api, hanya material kertasnya saja yang terbakar, tapi tidak akan menjalar pada gypsum. Hal ini membuktikan bahwa Gypsum aman untuk interior rumah.

4. Bobotnya Ringan

Jika dibandingkan dengan dinding material batu bata, papan gypsum jauh lebih aman karena bobotnya yang ringan. Dalam proses pemasangan dan pemindahan jadi lebih mudah. Papan gypsum juga fleksibel dan bisa dibentuk melengkung. Selain itu, jika sewaktu-waktu terjadi gempa, material bangunan tidak akan terlalu membahayakan penghuni rumah, karena gypsum ringan dan lebih aman dibanding dengan dinding batu bata atau beton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *