5 Masalah Berikut Mungkin Bisa Terjadi Saat Penggunaan Papan Kaca!

Masalah Penggunaan Papan Kaca!

Papan tulis merupakan alat yang berperan penting dalam proses belajar mengajar ataupun presentasi agar orang yang diterangkan dalam jumlah banyak bisa membaca catatan yang ingin di sampaikan. Perkembangan papan tulis dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan yang signifikan, mulai dari blackboard, whiteboard, hingga glassboard yang terbuat dari kaca. Walaupun memilih banyak kelebihan, namun dalam penggunaan papan kaca tidak mustahil akan mengalami berbagai masalah.

Masalah dalam Penggunaan Glassboard

Dalam menggunakan bahan kaca sebagai variasi papan tulis modern, tentu ada beberapa masalah yang mungkin terjadi selama pemakaian. Berikut adalah 5 masalah yang hanya akan dialami oleh papan kaca dengan kualitas rendah.

1. Masalah Pemasangan

Masalah Penggunaan Papan Kaca!

Memasang papan tulis kaca tidaklah semudah papan biasa yang bisa dikaitkan menggunakan paku dan palu, karena ada banyak perangkat pendukung yang harus digunakan seperti clam dan marker holder. Hal ini terkadang menjadi masalah bagi orang awam yang melakukan pemasangan tidak sempurna akibat tidak memiliki peralatan yang lengkap.

Selain itu, warnanya yang bening membuat pemasangan papan tulis kaca sulit ditentukan kelurusan nya. Seseorang tidak bisa melakukan pemasangan sendiri karena harus ada orang lain yang melihat dari jarak jauh apakah papan sudah berdiri tegak atau masih miring.

2. Terlepasnya Papan dari Dinding

Masalah Penggunaan Papan Kaca!

Masalah lainnya yang kadang terjadi dalam menggunakan glassboard adalah terlepasnya papan dari dinding. Akibatnya tentu sangat fatal karena papan bisa pecah dan tidak bisa digunakan kembali.

Masalah terlepasnya papan kaca ini terjadi karena proses pemasangan yang kurang teliti, terlebih ketika merekatkan nya dengan dinding. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika pemasangan papan kaca dilakukan oleh orang yang profesional.

3.Berpotensi Pecah

Masalah Penggunaan Papan Kaca!

Karena bahannya terbuat dari kaca maka papan bisa saja pecah akibat terkena benturan. Walaupun dibuat dari bahan yang sangat kuat, seperti tempered, namun potensi pecah tetap ada, terlebih jika menggunakan kaca yang berkualitas rendah.

Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati dalam menggunakan papan jenis ini dan sebisa mungkin meletakkannya pada tempat yang aman dari benturan keras. Selain itu, pilihlah produsen yang sudah terpercaya dalam menghasilkan produk papan kaca berkualitas tinggi.

4. Silau dari Sudut Pandang Tertentu

Masalah Penggunaan Papan Kaca!

Sifat kaca tidak hanya mampu ditembus cahaya, namun juga mudah dipantulkan, sehingga menyebabkan silau dari sudut pandang tertentu yang terkena cahaya. Kondisi ini akan mengurangi fungsi papan yang seharusnya bisa dilihat oleh orang banyak dari segala sudut pandang.

Namun pada umumnya glassboard sudah dilapisi dengan stiker miky white, yakni lapisan kaca yang berwarna putih dibaliknya. Lapisan inilah yang mampu mengantisipasi terjadi pantulan cahaya yang sering terjadi pada kaca dari sudut pandang tertentu.

5. Spidol Tidak Terlihat Jelas

Masalah Penggunaan Papan Kaca!

Dalam kondisi tertentu, saat menggunakan papan kaca, spidol yang digunakan untuk menggambar atau menulis tidak terlihat jelas dari kejauhan terlebih dari samping. Hal ini biasanya diakibatkan karena spidol yang digunakan akan habis sehingga ketebalannya menurun dan tidak bisa terlihat jelas.

Selain itu, papan kaca hanya digunakan sebagai pelapis, sementara bidang dasarnya ada dibalik kaca tersebut dengan warnanya yang putih. Berbeda dengan whiteboard, kalaupun ketebalan spidol menurun, namun tulisan masih bisa terlihat jelas karena permukaannya berwarna putih tanpa pelapis dan langsung bersentuhan dengan spidol.

Berbagai masalah yang ada dalam penggunaan papan jenis ini sebenarnya sangat jarang terjadi jika selama pemasangan hingga penggunaannya dilakukan sesuai prosedur. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu menggunakannya jika ingin tampilan papan lebih elegan dengan perawatan yang mudah. Namun, anda harus tetap memperhatikan segala hal buruk yang mungkin akan terjadi saat menggunakan glassboard sebagai langkah antisipasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *