Mau Beli Gorden? Kenali Dulu Jenis Bahannya disini!

Sedang mencari gorden atau tirai untuk mempercantik rumah? Ada baiknya Anda mengetahui dulu jenis bahan apa saja yang tersedia. Hal tersebut dilakukan agar nanti bisa mendapatkan kain penutup jendela dengan bahan yang cocok dengan keinginan dan menunjang interior rumah. Dari sekian banyak bahan yang ada, tujuh diantaranya paling banyak peminat. Apa saja jenis dan seperti apa karakteristiknya?

Bahan Gorden

7 Bahan Gorden dan Karakteristiknya

Untuk bahan referensi Anda, tujuh bahan berikut ini punya karakter dan fungsi beragam sebagai penutup jendela. Berikut informasi lengkapnya.

1. Katun

Gorden Katun

Katun adalah bahan paling umum yang digunakan untuk membuat tirai. Jenis katun Cina adalah yang terbaik, karena memiliki tingkat keawetan tinggi walaupun tergolong tipis, dan harus diberi lapisan luar agar cahaya matahari tidak mudah masuk ke dalam ruangan. Bahan ini juga punya banyak motif dan harganya paling murah kalau dibandingkan bahan yang lain.

2. Satin Halus

Satin Halus

Satin halus adalah bahan dengan karakter licin, mengkilap dengan berbagai motif. Kalau Anda ingin penutup jendela yang memiliki nilai keindahan, bahan ini adalah salah satu jawabannya. Sebab keberadaannya mampu memberi aura elegan dan luxury pada sebuah ruangan.

3. Belundru

Belundru

Bahan yang satu ini tergolong tebal, karena terbuat dari perpaduan serat alami dan serat sintetis. Selain membuat ruangan terlihat mewah dengan berbagai warna yang tersedia, bahan ini juga mampu meminimalisir masuknya angin berlebih melalui jendela. Selain itu juga bisa dijadikan solusi untuk menjadikan ruangan kedap suara secara alami.

4. Blackout

Blackout

Kalau Anda memiliki hunian di tengah kota dengan kerapatan antar rumah sangat maksimal, tentu butuh privasi agar orang tak bisa melihat langsung bagian dalamnya. Salah satu cara bisa dengan menggunakan tirai berbahan blackout yang mampu menahan cahaya matahari 100 persen. Biasanya perkantoran memilih bahan ini untuk menjadi kain penutup ruangan tertentu.

Ada juga jenis semi blackout yang juga memiliki kemampuan menahan cahaya masuk ke dalam ruangan, tapi hanya maksimal 80 persen. Tetap saja kedua jenis ini paling banyak digunakan, pada bangunan yang memiliki banyak elemen kaca.

5. Dimout

Dimout

Hampir sama dengan blackout bahan dimout disukai, karena mampu menahan cahaya masuk hingga 90 persen. Tapi soal keindahan, bahan ini lebih maksimal ketimbang blackout karena pilihan warnanya lebih banyak. Selain itu motifnya juga beragam dan sangat kekinian, sehingga cocok untuk digunakan pada rumah dengan konsep apapun.

6. Chenille

Chenille

Kerapatan benang pada bahan ini membuatnya tidak akan gampang sobek walau tertarik benda apapun, tampilannya yang elegan juga jadi bahan pertimbangan untuk memilih. Ditambah pula harga dan motif yang juga tak kalah banyak jika dibandingkan bahan seperti katun dan dimout. Sehingga Anda bisa puas hunting hingga menemukan warna dan motif terbaik.

7. Lace

Lace

Bahan yang satu ini walau lebih sering dipakai sebagai bahan pembuatan pakaian wanita, lace yang terdiri dari rajutan benang yang membentuk kain transparan bermotif banyak juga dipilih jadi bahan tirai. Sebab tampilannya memberi kesan eksotis dan seksi pada sebuah ruangan. AAnda tinggal pilih motif dan warna yang sesuai keinginan untuk membuat ruangan terasa lebih berkarakter.

Setelah mengetahui jenis bahan gorden maka Anda akan lebih siap untuk memilih bahan mana yang akan dijadikan penutup jendela. Tinggal menentukan karakter dan fungsi seperti apa yang diinginkan, lalu pilih warna dan motif, selanjutnya biarkan dia menyempurnakan ruangan dan menjalankan fungsinya secara maksimal. Dijamin Anda akan dibuat puas dan betah berlama-lama di dalam ruangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *