Yuk Mari Lebih Mengenal Roller Blind disini!

Yuk Mengenal Roller Blind

Jika menyebut nama gorden atau tirai jendela, maka maknanya sudah langsung dapat dipahami sebagai selembar kain yang digunakan untuk melapisi jendela. Fungsinya juga sebagai batas privasi supaya orang dari luar tidak terlalu vulgar melihat isi rumah. Atau bisa juga menjadi shield atau perisai supaya sinar matahari tidak terlalu masuk ke dalam rumah.

Kemudian fungsi ini semakin bertambah menjadi estetika ketika zaman dan waktu juga semakin maju. Gorden tidak lagi hanya dimaknai sebagai selembar kain yang berfungsi sebagai privasi dan shield, namun juga lebih kepada unsur estetika yang mampu dihadirkan untuk interior rumah. Ini sama seperti bahwa konteks pada zaman yang lebih modern, memilik fungsi dan kepentingan yang sama besar, bahkan lebih besar daripada inti.

Jika masyarakat sudah akrab dengan tirai, lantas bagaimana dengan roller blind? Apakah fungsi pelengkap jendela satu ini sama pula dengan fungsi tirai yang selama ini dikenal masyarakat? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Roller Blind, Fungsi dan Keunggulannya

Secara sederhana window blind atau roller window memiliki makna yang sama dengan tirai atau gorden pada umumnya. Akan tetapi window blind memiliki sistem mekanis yang lebih modern daripada gorden. Selain dapat difungsikan sebagai shield dan privasi, nilai estetika window blind dinilai lebih tinggi daripada gorden biasa, terutama untuk desain-desain pada interior modern yang minimalis dan elegan.

Dalam sistem operasinya yang sederhana, window blind memanfaatkan gaya roll and release. Jadi ketika diinginkan untuk menutup seluruh permukaan jendela, maka seluruh bentang window blind dapat di-release. Sementara saat ingin membuka seluruh permukaan kaca jendela atau bahkan setengahnya saja, window blind dapat di-rolling atau digulung.

Window blind juga memiliki dua model secara umum berdasarkan pengoperasiannya. Ada yang menggunakan model manual dengan tali kecil yang digunakan untuk melakukan roll and release. Sementara model satu lagi menggunakan energi listrik untuk mengoperasikannya. Untuk yang menggunakan tenaga listrik, pilihannya ada dua yakni dengan menggunakan kabel atau nirkabel (menggunakan remote control).

Yuk Mengenal Roller Blind

Berbagai Keunggulan Window Blind

Dalam aplikasinya, window blind memiliki banyak keunggulan. Berikut ini informasi lengkapnya.

Mudah Dalam Proses Instalasi

Baik window blind manual window blind dengan electrical, semuanya mudah dipasang. Bahkan dengan mengikuti prosedur pemasangan yang tertera pada kemasan produk, siapa pun dapat memasang  window blind secara mandiri dan tidak perlu menggunakan teknisi khusus.

Menjaga Furnitur dari Pudar karena Paparan Sinar Matahari

Pada bangunan-bangunan yang memanfaatkan dinding kaca dengan permukaan yang lebar, sinar matahari dapat menerobos masuk dalam jumlah yang melimpah dan dalam waktu yang lama. Dari sisi kesehatan tentu saja ini bagus, namun tentu saja juga ada risikonya. Dan risiko yang paling umum karena terpapar sinar matahari adalah warna furniture yang bisa pudar. Window blind pada kasus seperti ini adalah shield yang sempurna.

Memperkuat Kesan Estetika Modern

Yang  tidak dapat diikuti oleh gorden pada keunggulan window blind adalah unsur estetika modernnya. Window blind dengan rancangan yang ramping, sederhana dan minimalis, tentunya akan menampilkan kesan yang elegan, modern dan juga minimalis. Dan kesan yang ditampilkan ini tentu saja sangat tepat dengan urban style modern yang digandrungi dewasa ini. Nah sekarang setelah anda mengetahui apa itu roller blind, fungsinya, dan juga berbagai keunggulannya. Apakah anda tertarik untuk mengaplikasikannya di rumah atau kantor anda juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *